About Me

Foto Saya
zappra
Ordinary People with Ordinary Thinking
Lihat profil lengkapku

DONATE

Pengikut

My Shout Box

Alexa

Review http://zappra.blogspot.com on alexa.com

E-Book Gratis

BUKU WAJIB ANDA

Ini adalah "Buku Wajib" yang harus dimiliki oleh Para Blogger, Web Designer, juga para Siswa dan Mahasiswa yang menuntut Ilmu dibidang Pemrograman Website. Memliki Buku ini adalah pilihan yang tepat, karena akan mendapatkan ilmu dan petunjuk dari pakarnya. Mudah dalam memahaminya karena disertai contoh contoh! Pesan Sekarang juga, dan kami akan mengurusi pesanan anda!

Coba Domain Anda

Ketikan Nama Domain yang anda inginkan, kemudian klik "submit" Ikuti Petunjuk berikutnya, maka anda sudah mempunyai domain yang dapat diisi dari blogspot ataupun wordpress.
Jangan tidak mencoba! Gratis Full!

DONATE

Free Website Hosting
Jumat, 30 Juli 2010

postheadericon Matematika Logika (1)


Di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas, pokok bahasan Matematika Logika diberikan kepada siswa pada kurun waktu yang tidak bersamaan. Untuk SMA diberikan pada kelas X di awal Semester 2, sedangkan di SMK diberikan di akhir semester 2. Bahkan menurut Lampiran Surat Edaran Dirjen Mandikdasmen Nomor : 3444/C.C5/PR/2009 Tanggal : 31 Juli 2009, Standar Kompetensi Matematika Logika untuk SMK merupakan SK-KD dengan urutan ke 12. Hal ini menyurat dan menyiratkan bahwa Matematika Logika diberikan kepada Siswa SMK Kelas XI pada awal atau pertengahan Semester 1.
Pernyataan, Bukan Pernyataan, dan Kalimat terbuka
Dalam Matematika Logika untuk Siswa SLTA, gerbang logika yang dikenal dalam dunia elektronika digital dianalogikan kedalam bahasa sehari-hari dengan "pernyataan", bahwa dalam komunikasi kehidupan sehari-hari kita memang tidak bisa terlepas dari pernyataan-pernyataan. Pernyataan yang dimaksud dalam pengertian Matematika logika adalah "Kalimat pernyataan/deskripsi, yang telah mempunyai nilai kebenaran. Nilai Kebenaran tersebut bisa benar atau bisa salah, tetapi tidak kedua-duanya." Atas dasar deskripsi tersebut maka ;

  • Kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat permohonan/do'a tidak tergolong pernyataan

  • Kalimat yang masih mengandung peubah/variabel, digolongkan kepada kalimat terbuka. Bisa menjadi sebuah pernyataan jika variabelnya diganti dengan sebuah nilai.
Berbeda dengan logika yang terjadi pada dunia elektronika digital yang lebih pasti, sebenarnya logika dalam kehidupan sehari hari dibatasi oleh semesta/konteks kalimat pernyataan tersebut.
Sebagai Contoh:
Matematika itu sulit. Adalah sebuah pernyataan yang mempunyai nilai "ambigu". Bagi yang menyukai matematika, pernyataan tersebut adalah salah, sedangkan bagi yang kurang/tidak menyukai matematika, pernyataan tersebut mempunyai nilai kebenaran yang benar.
Contoh :
Kalimat
Pernyataan/Bukan Pernyataan/Kalimat Terbuka
Nilai kebenaran
Jakarta ibu kota Indonesia
Pernyataan
Benar
Air adalah benda padat
Pernyataan
Salah
2 + 2 = 5
Pernyataan
Salah
2x²+4x-3 = 0
Kalimat Terbuka
-
x=4 untuk x²=16
Pernyataan
Salah
x²=16 untuk x = 4
Pernyataan
Benar
Tuhan, kabulkanlah doa kami
Bukan Pernyataan
-
Dilarang Buang sampah di sini
Bukan Pernyataan
-
Tolong, ambilkan minuman!
Bukan Pernyataan
-
Pukul berapakah, sekarang?
Bukan Pernyataan
-
Ingkaran/Negasi/Penjungkir/Inverter.
Adalah suatu kondisi yang membalikkan/menjungkirkan nilai dari nilai awalnya. Jika sebuah pernyataan bernilai benar, maka ingkaran dari pernyataan tersebut harus salah, dan sebaliknya. Cara penulisan ingkaran sebuah pernyataan, biasanya dengan menambahkan kata sanggahan (bukan, tidak benar ..), contoh:
Jakarta ibukota Indonesia, merupakan sebuah pernyataan yang bernilai benar. Negasinya atau ingkaran dari kalimat tersebut haruslah salah, tetapi tidak mengubah pola/bentuk dari kalimat sebelumnya. Ingkarandari kalimat tersebut adalah Jakarta bukan ibukota Indonesia atau Tidak benar Jakarta ibukota Indonesia.
Surabaya ibukota Indonesia, adalah sebuah pernyataan yang bernilai salah, tetapi bukan merupakan pengingkaran dari kalimat Jakarta ibukota Indonesia.
Beberapa kekeliruan dalam penyampaian materi ingkaran adalah bahwa ingkaran sering dianalogikan oleh sebagian guru sebagai "gerbang logika" (logic gate) dengan notasi "NOT". Padahal Not bukan merupakan sebuah gerbang logika, melainkan hanya sebuah inverter/penjungkir/pembalik nilai. (Bersambung….).

0 komentar:

Viscount

education counter
Powered by smartdegrees.com website.

Antologi Puisi Lekas

Google Adsense

Clock